Pages

26 April 2012

samudra hindia

| 26 April 2012 | 0 comments

 
Samudra Hindia, Samudra Indonesia atau Samudra India adalah kumpulan air terbesar ketiga di dunia, meliputi sekitar 20% permukaan air Bumi. Di utara dibatasi oleh selatan Asia; di barat oleh Jazirah Arabia dan Afrika; di timur oleh Semenanjung Malaya, Sumatera, Jawa, Kepulauan Sunda Kecil, dan Australia; di selatan oleh Antartika. Samudra ini dipisahkan dengan Samudra Atlantik oleh 20° timur meridian, dan dengan Samudra Pasifik oleh 147° timur meridian. Samudra Hindia atau Samudra India adalah satu-satunya samudra yang menggunakan nama negara yaitu India.
Samudera Hindia - laut terbesar ketiga, c.28, 350.000 mil persegi (73.427.000 km persegi), membentang dari Asia S Antartika dan dari E Afrika untuk SE Australia, itu adalah C.4, 000 mil (6.400 km) lebar di khatulistiwa. Ini merupakan sekitar 20% dari luas total laut dunia. Samudera Hindia terhubung dengan Samudra Pasifik oleh bagian melalui Kepulauan Melayu dan antara Australia dan Antartika, dan dengan Samudra Atlantik oleh bentangan antara Afrika dan Antartika dan Terusan Suez. Lengan utamanya adalah Laut Arab (dengan Laut Merah, Teluk Aden, dan Teluk Persia), Teluk Bengal, dan Laut Andaman. Landas kontinen dari Samudera Hindia sempit. Madagaskar dan Sri Lanka, pulau terbesar di laut, secara struktural bagian dari benua sebagaimana Socotra, Kepulauan Andaman, dan Kepulauan Nikobar, Seychelles dan Kepulauan Kerguelen yang terkena puncak pegunungan terendam. Para Laccadives, Maladewa, dan pulau-pulau karang Chagos rendah, dan Mauritius dan Réunion adalah kerucut vulkanik yang tinggi. Lantai Samudera Hindia memiliki kedalaman rata-rata C.11 ft, 000 (3.400 m). Mid-Oceanic Ridge, sebuah pegunungan bawah laut yang luas membentang dari Asia ke Antartika, Samudra Hindia membagi menjadi tiga bagian utama Afrika-, Antardis, dan Australasia. Punggungan naik sampai ketinggian rata-rata C.10 ft, 000 (3.000 m), dan beberapa puncak muncul sebagai pulau-pulau. Sebuah keretakan besar, perpanjangan dari cabang timur Great Rift Valley yang berjalan melalui Teluk Aden, terbentang sepanjang sebagian besar panjangnya (lihat dasar laut menyebar ). Ridge Mid-Oseanik, bersama dengan pegunungan bawah laut lainnya, membungkus serangkaian cekungan-laut dalam (dataran abyssal). Kedalaman terbesar (25.344 ft / 7.725 m) berada di Palung Jawa, S dari Jawa, Indonesia. Samudera Hindia menerima perairan Zambezi, Tigris-Efrat, Indus, Gangga-Brahmaputra, dan sungai Irrawady. Permukaan air laut umumnya hangat, meskipun dekat dengan es Antartika dan gunung es paket ditemukan. Samudra Hindia memiliki dua sistem-sistem sirkulasi air yang teratur selatan berlawanan (Selatan Equatorial Current, Mozambik Lancar, Barat Drift Angin, Australia Barat saat ini) dan sistem utara, Drift Monsoon, yang arus secara langsung berkaitan dengan pergeseran musim hujan musiman angin. Monsun barat daya menarik uap air dari Samudera Hindia dan tetes hujan deras di anak benua India dan Asia Tenggara.
Area
Panjang Pantai: 66.526 km
Titik ketinggian:
  • titik terdalam: Palung Jawa -7.258 m
  • titik terdangkal: permukaan laut 0 m

syarif maulana

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

silahkan beri komentar kepada kami

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com